Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur (MI Terpadu Jabal Nur) didirikan pada tanggal 15 Maret 2018 oleh KH. A. Saeful Millah MM. MBA., beliau merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Modern Terpadu Jabal Nur, yang mana pesantren tersebut telah berdiri sejak tahun 2005. MI Terpadu Jabal Nur berlokasi di dalam pesantren, terletak di JL. Kp. Gunung No. 80 RT/RW 05/01 Kelurahan/Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten 15148.
A. Sejarah Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur (MI Terpadu Jabal Nur) didirikan pada tanggal 15 Maret 2018 oleh KH. A. Saeful Millah MM. MBA., beliau merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Modern Terpadu Jabal Nur, yang mana pesantren tersebut telah berdiri sejak tahun 2005. MI Terpadu Jabal Nur berlokasi di dalam pesantren, terletak di JL. Kp. Gunung No. 80 RT/RW 05/01 Kelurahan/Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten 15148.
Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur berawal dari semangat dan aspirasi warga sekitar yang begitu tinggi untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah yang berbasis agama dan umum. Melihat perkembangan zaman yang dinamis dan membutuhkan pengawasan yang efektif, serta teknologi yang semakin canggih, sehingga diperlukan lembaga pendidikan usia dasar yang bisa menciptakan generasi yang teguh dalam aqidah, berakhlakul karimah, dan kompeten dalam segala bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Madrasah Ibtidaiyah adalah sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan proses belajar dengan memadukan pendidikan agama, umum, dan keterampilan menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari ajaran dan nilai-nilai keagamaan. Pendidikan umum mengacu pada kurikulum nasional, pendidikan agama menekankan pada pendidikan aqidah, akhlak, dan ibadah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan lingkungan yang baik selama di dalam lingkungan sekolah dan mewujudkan suri tauladan yang baik juga ketika sudah berada di lingkungan masyarakat. Sedangkan pendidikan keterampilan dibentuk dalam kegiatan ektrakurikuler yang menyediakan beragam pilihan kegiatan yang seluruhnya mengacu kepada prinsip-prinsip keterampilan hidup.
B. Lokasi Madrasah
Secara geografis Madrasah Ibtidaiyah Jabal Nur terletak di Jalan Kampung Gunung RT. 05/01 No. 80 Kel/Kec. Cipondoh Kota Tangerang. Madrasah ini berbatasan:
Sebelah Utara: Pemukiman penduduk
Sebelah Barat: Jl. Kampung Gunung
Sebelah Selatan: Kali
Sebelah Timur: Pemukiman Penduduk
Lokasi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur Kota Tangerang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk yang kental dengan nilai-nilai agama Islam, meskipun mereka berasal dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Kondisi dapat tercipta karena mayoritas adalah suku Betawi yang mempunyai sifat terbuka dan toleransi yang tinggi terhadap berbagai perbedaan budaya. Sebagian besar penduduk bermata pencaharian di bidang konveksi, dan dalam radius yang tidak begitu jauh banyak juga yang bergiat di bidang perdagangan.
Berdasarkan jenis-jenis bangunan yang mengelilingi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur Kota Tangerang sebagian besar merupakan rumah penduduk. Di samping itu dalam radius 600 meter terdapat Kantor Kecamatan Cipondoh, Puskesmas Cipondoh, RSIA Muhammadiyah, SMP dan SMK Muhammadiyah, SDN Cipondoh 1, 2 dan 8. Suasana lingkungan seperti ini sangat kondusif bagi kegiatan persekolahan karena jauh dari tempat keramaian umum, seperti pasar, mal, dan jauh dari kemungkinan pencemaran suara dan kecil kemungkinan adanya pengaruh negatif dari tata pergaulan lingkungan luar.
C. Identitas Madrasah
D. Visi, Misi, Tujuan
Visi Madrasah
“Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Berprestasi, Berbudaya, dan Berwawasan Kebangsaan."
Misi Madrasah
Tujuan Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal berciri khas agama Islam senyatanya memiliki keunggulan dalam membangun komitmen keagamaan yang jelas dan memiliki prospek yang sangat baik. Dalam rangka menjaga eksistensi dan kualitas madrasah. Sehingga perlu adanya inovasi yang dilakukan oleh madrasah dengan menentukan program-program unggulan sesuai potensi madrasah. Sesuai dengan kearifan lokal dan kondisi madrasah, maka prioritas program unggulan yang dijalankan MI Terpadu Jabal Nur dalam meningkatkan mutu dan daya saing global melalui pengembangan karakter, literasi, kompetensi adalah ingin mewujudkan madrasah tahfidz dan madrasah bahasa. Pelaksanaan program ini dimulai dengan upaya membenahi program tahfidz dan program bahasa.
1. Program Tahsin dan Tahfidz di MI Terpadu Jabal Nur
Madrasah sebagai sekolah bercirikan khas agama Islam memiliki beragam potensi yang salah satunya adalah hafalan Al-Qur’an. Untuk meningkatkan prestasi siswa dalam hal hafalan Al-Qur’an diperlukan adanya program khusus pembelajaran dalam bentuk tahsin dan tahfidz. Pelaksanaan program ini dimulai dengan upaya membenahi program-program hafalan Al-Qur’an dan upaya menyiapkan guru khusus yang menangani hafalan Al-Qur’an.
a. Konsep Madrasah dan Tahfidz
Madrasah tahfidz adalah madrasah yang mengembangkan budaya madrasah dengan mengembangkan program menghafal Al-Qur’an bagi para peserta didik serta sebagai syarat kelulusan dari program belajar 6 tahun.
b. Tujuan Madrasah Tahfidz
Upaya yang ditempuh untuk mewujudkan Madrasah Tahfidz berupa:
2. Program Bahasa Arab dan Inggris
Madrasah merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Agama yang diharapkan mampu memiliki wawasan kebahasaan yang luas selain bahasa Indonesia. Belajar dan menguasai bahasa asing merupakan salah satu sarana menghasilkan siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Program bahasa Arab dilaksanakan untuk memahami terjemah dalam Al-Qur’an serta beberapa kitab salafi. Sedangkan, program bahasa Inggris merupakan jendela dunia dengan harapan menghasilkan lulusan yang siap go internasional.
a. Konsep Madrasah Bahasa
Madrasah bahasa merupakan madrasah dengan program menambah kosakata bahasa Arab dan Inggris setiap seminggu sekali serta mengulang-ulang setiap pagi saat Muroja’ah (Kegiatan baris berbaris) sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Peserta didik memiliki buku khusus dalam pembelajaran kosakata Arab (Mufrodat) serta kosakata Inggris (Vocabulary).
b. Tujuan Madrasah Bahasa
Adapun upaya yang dilakukan untuk menempuh madrasah bahasa, di antaranya: