PROFIL

SEJARAH MADRASAH

Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur (MI Terpadu Jabal Nur) didirikan pada tanggal 15 Maret 2018 oleh KH. A. Saeful Millah MM. MBA., beliau merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Modern Terpadu Jabal Nur, yang mana pesantren tersebut telah berdiri sejak tahun 2005. MI Terpadu Jabal Nur berlokasi di dalam pesantren, terletak di JL. Kp. Gunung No. 80 RT/RW 05/01 Kelurahan/Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten 15148.

Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur

Profil Madrasah

A. Sejarah Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur (MI Terpadu Jabal Nur) didirikan pada tanggal 15 Maret 2018 oleh KH. A. Saeful Millah MM. MBA., beliau merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Modern Terpadu Jabal Nur, yang mana pesantren tersebut telah berdiri sejak tahun 2005. MI Terpadu Jabal Nur berlokasi di dalam pesantren, terletak di JL. Kp. Gunung No. 80 RT/RW 05/01 Kelurahan/Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten 15148.

Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur berawal dari semangat dan aspirasi warga sekitar yang begitu tinggi untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah yang berbasis agama dan umum. Melihat perkembangan zaman yang dinamis dan membutuhkan pengawasan yang efektif, serta teknologi yang semakin canggih, sehingga diperlukan lembaga pendidikan usia dasar yang bisa menciptakan generasi yang teguh dalam aqidah, berakhlakul karimah, dan kompeten dalam segala bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Madrasah Ibtidaiyah adalah sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan proses belajar dengan memadukan pendidikan agama, umum, dan keterampilan menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari ajaran dan nilai-nilai keagamaan. Pendidikan umum mengacu pada kurikulum nasional, pendidikan agama menekankan pada pendidikan aqidah, akhlak, dan ibadah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan lingkungan yang baik selama di dalam lingkungan sekolah dan mewujudkan suri tauladan yang baik juga ketika sudah berada di lingkungan masyarakat. Sedangkan pendidikan keterampilan dibentuk dalam kegiatan ektrakurikuler yang menyediakan beragam pilihan kegiatan yang seluruhnya mengacu kepada prinsip-prinsip keterampilan hidup.


B. Lokasi Madrasah
Secara geografis Madrasah Ibtidaiyah Jabal Nur terletak di Jalan Kampung Gunung RT. 05/01 No. 80 Kel/Kec. Cipondoh Kota Tangerang. Madrasah ini berbatasan:
Sebelah Utara: Pemukiman penduduk
Sebelah Barat: Jl. Kampung Gunung
Sebelah Selatan: Kali
Sebelah Timur: Pemukiman Penduduk

Lokasi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur Kota Tangerang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk yang kental dengan nilai-nilai agama Islam, meskipun mereka berasal dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Kondisi dapat tercipta karena mayoritas adalah suku Betawi yang mempunyai sifat terbuka dan toleransi yang tinggi terhadap berbagai perbedaan budaya. Sebagian besar penduduk bermata pencaharian di bidang konveksi, dan dalam radius yang tidak begitu jauh banyak juga yang bergiat di bidang perdagangan.

Berdasarkan jenis-jenis bangunan yang mengelilingi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Jabal Nur Kota Tangerang sebagian besar merupakan rumah penduduk. Di samping itu dalam radius 600 meter terdapat Kantor Kecamatan Cipondoh, Puskesmas Cipondoh, RSIA Muhammadiyah, SMP dan SMK Muhammadiyah, SDN Cipondoh 1, 2 dan 8. Suasana lingkungan seperti ini sangat kondusif bagi kegiatan persekolahan karena jauh dari tempat keramaian umum, seperti pasar, mal, dan jauh dari kemungkinan pencemaran suara dan kecil kemungkinan adanya pengaruh negatif dari tata pergaulan lingkungan luar.

C. Identitas Madrasah

  1. Nama Madrasah: Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terpadu Jabal Nur
  2. NSM: 111236710116
  3. NPSN: 70042430
  4. Provinsi: Banten
  5. Kota/Kabupaten: Kota Tangerang
  6. Kecamatan: Cipondoh
  7. Kelurahan: Cipondoh
  8. Jalan/No: Kampung Gunung No.80 RT.05/RW.01
  9. Kode Pos: 15148
  10. Telp.: (021) 22261450
  11. E-Mail: mitjabalnur@gmail.com
  12. Daerah: Perkotaan
  13. Status Madrasah: Swasta
  14. Akreditasi:
  15. No. Piagam Akreditasi:
  16. Penerbit Piagam Ditandatangi Oleh:
  17. Tahun Berdiri: 2018
  18. Keg.Belajar Mengajar: Senin-Jum'at (Pagi)
  19. Bangunan Madrasah: Permanen
  20. Jarak Ke Pusat Kecamatan: ± 1 Km
  21. Jarak Ke Pusat Kabupaten/Kota: ± 10 Km
  22. Terletak Pada Lintasan: Jalan
  23. Organisasi Penyelenggara: Yayasan Jabal Nur Universal

D. Visi, Misi, Tujuan

Visi Madrasah
“Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Berprestasi, Berbudaya, dan Berwawasan Kebangsaan."

Misi Madrasah

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi mutu, baik secara keagamaan, keilmuan, maupun secara moral dan sosial.
  2. Mengembangkan sumber daya insan yang mempunyai kualitas di bidang IMTAQ dan IPTEK.
  3. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan serta budaya disiplin, rapi dan bersih.
  4. Mengembangkan keterampilan di bidang tahfidz, bahasa, seni dan teknologi.
  5. Menerapkan pengelolaan madrasah sesuai dengan sistem Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dengan melibatkan warga madrasah dan peran masyarakat.

Tujuan Madrasah

  1. Menciptakan generasi yang bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas dan memiliki keterampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia.
  2. Membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa.
  3. Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang islami dan berkualitas.
  4. Membantu siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
  5. Menciptakan siswa yang inisiatif terhadap lingkungan alam maupun sosial

MI Terpadu Jabal Nur

Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Berprestasi, Berbudaya, dan Berwawasan Kebangsaan

PROGRAM

PROGRAM SEKOLAH

  1. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan basis kurikulum agama (pesantren), umum, TIK, dan keterampilan (seni).
  2. Menyelenggarakan sholat dhuha berjamaah sebelum KBM dimulai dan sholat dhuhur berjamaah sebelum KBM selesai.
  3. Menyelenggarakan qiro’at surat-surat pendek, pengulangan kosakata bahasa Arab dan Inggris di awal KBM.
  4. Menyelenggarakan pembinaan tahsin dan tahfidz.
  5. Menyelenggarakan program unggulan, yaitu Asma'ul Husna dan Mahfudzot.
  6. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk meningkatkan kompetensinya.
  7. Menyelenggarakan pengenalan ekskul hadroh, marawis, tari, silat, kaligrafi, futsal, tilawah, dan muhadhoroh.
  8. Menyelenggarakan sekolah yang berstandar nasional.
  9. Menyelenggarakan berbagai jenis lomba dan kegiatan sesuai dengan tema acara, seperti 17 Agustus, Muharam, hari Kartini, BIAS, penyuluhan kesehatan, antar siswa maupun antar tingkat Madrasah Ibtidaiyah se-wilayah Cipondoh.
  10. Mengembangkan budaya sekolah yang kondusif dan hubungan masyarakat yang sinergi.

PROGRAM PRIORITAS/UNGGULAN

Madrasah Ibtidaiyah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal berciri khas agama Islam senyatanya memiliki keunggulan dalam membangun komitmen keagamaan yang jelas dan memiliki prospek yang sangat baik. Dalam rangka menjaga eksistensi dan kualitas madrasah. Sehingga perlu adanya inovasi yang dilakukan oleh madrasah dengan menentukan program-program unggulan sesuai potensi madrasah. Sesuai dengan kearifan lokal dan kondisi madrasah, maka prioritas program unggulan yang dijalankan MI Terpadu Jabal Nur dalam meningkatkan mutu dan daya saing global melalui pengembangan karakter, literasi, kompetensi adalah ingin mewujudkan madrasah tahfidz dan madrasah bahasa. Pelaksanaan program ini dimulai dengan upaya membenahi program tahfidz dan program bahasa.


1. Program Tahsin dan Tahfidz di MI Terpadu Jabal Nur

Madrasah sebagai sekolah bercirikan khas agama Islam memiliki beragam potensi yang salah satunya adalah hafalan Al-Qur’an. Untuk meningkatkan prestasi siswa dalam hal hafalan Al-Qur’an diperlukan adanya program khusus pembelajaran dalam bentuk tahsin dan tahfidz. Pelaksanaan program ini dimulai dengan upaya membenahi program-program hafalan Al-Qur’an dan upaya menyiapkan guru khusus yang menangani hafalan Al-Qur’an.


a. Konsep Madrasah dan Tahfidz
Madrasah tahfidz adalah madrasah yang mengembangkan budaya madrasah dengan mengembangkan program menghafal Al-Qur’an bagi para peserta didik serta sebagai syarat kelulusan dari program belajar 6 tahun.


b. Tujuan Madrasah Tahfidz

  1. Meningkatkan kecintaan peserta didik pada Al-Qur’an.
  2. Menumbuhkembangkan budaya menghafal Al-Qur’an.
  3. Mengembangkan tahfidz Al-Quran (menghafal Al-Qur’an) sebagai basis pendidikan.
  4. Mengantarkan peserta didik memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 1 juz (Juz 30) dan surat-surat pilihan seperti Surat Yasin, Al-Mulk, dan Al-Jumu’ah.
  5. Menghasilkan output (alumni) yang fasih di dalam membaca Al-Qur’an serta memiliki beberapa hafalan surat dari Al-Qur’an.

Upaya yang ditempuh untuk mewujudkan Madrasah Tahfidz berupa:

  1. Pembiasaan membaca Al-Quran (Qiro’at) Pembiasaan ini dilakukan dengan membaca surat yang telah ditentukan dalam target setahun secara bersama-sama selama 30 menit (tadarus) sebelum jam pelajaran pertama. Hal ini menjadi pembiasaan untuk meningkatkan kelancaran di dalam menghafal.
  2. Assesment dilakukan dengan metode talaqqi, yaitu menyetorkan hafalan baru kepada guru tahfidz ataupun orangtua di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemajuan hafalan seseorang calon hafizh dari hari ke hari.
  3. Sebagai upaya menjaga hafalan peserta didik tetap terjaga dengan baik dan tidak hilang digunakan metode takrir, metode ini dilakukan dengan mengulang materi hafalan sebelumnya yang sudah disetorkan kepada guru tahfidz.

2. Program Bahasa Arab dan Inggris

Madrasah merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Agama yang diharapkan mampu memiliki wawasan kebahasaan yang luas selain bahasa Indonesia. Belajar dan menguasai bahasa asing merupakan salah satu sarana menghasilkan siswa yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Program bahasa Arab dilaksanakan untuk memahami terjemah dalam Al-Qur’an serta beberapa kitab salafi. Sedangkan, program bahasa Inggris merupakan jendela dunia dengan harapan menghasilkan lulusan yang siap go internasional.


a. Konsep Madrasah Bahasa
Madrasah bahasa merupakan madrasah dengan program menambah kosakata bahasa Arab dan Inggris setiap seminggu sekali serta mengulang-ulang setiap pagi saat Muroja’ah (Kegiatan baris berbaris) sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Peserta didik memiliki buku khusus dalam pembelajaran kosakata Arab (Mufrodat) serta kosakata Inggris (Vocabulary).


b. Tujuan Madrasah Bahasa

  1. Membantu para siswa memahami mata pelajaran bahasa Arab dan Inggris yang dipelajari selama di kelas.
  2. Menghasilkan output (alumni) yang memiliki tabungan kosakata Arab dan Inggris, sehingga siap untuk melanjutkan jenjang madrasah menengah favorit yang lebih tinggi.
  3. Mengingat pentingnya menguasai bahasa asing sebagai pengalaman yang luas.

Adapun upaya yang dilakukan untuk menempuh madrasah bahasa, di antaranya:

  1. Memberikan kosakata baru 2-3 kata dalam pelajaran Mufrodat dan Vocabulary yang masuk dalam pembelajaran muatan lokal.
  2. Mengulang-ulang kosakata yang telah dipelajari 5-10 menit dalam kegiatan baris-berbaris sebelum KBM aktif dimulai.
  3. Memberikan pelajaran mahfudzot sebagai pendalaman mufrodat dalam pelajaran Bahasa Arab.
  4. Menempel kosakata berupa kertas yang dilaminating di setiap benda sesuai dengan nama kosakata tersebut.
  5. Praktek percakapan bahasa Arab ataupun bahasa Inggris.